Rabu, 29 Januari 2014

Menyingkap Kisah 25 Nabi / Rasul


1. Nabi dan Rasul.

Nabi ialah orang yang menerima wahyu hanya untuk dirinya sendiri.
Sedangkan Rasul si samping menerima wahyu untuk dirinya sendiri, juga di Wajibkan untuk menyampaikan wahyu itu kepada kaumnya / umatnya.
Seluruh Nabi dan Rasu itu telah menerima ilmu dari ALLAH melalui akal dan indera dengan berbagai macam cara, antara lain disampaikan langsung ke dalam hati, atau juga melalui malaikat yang menjelma sebagai manusia, melalui impian dan lain sebagainya. Itulah yang disebut dengan wahyu.


2. Perlunya Nabi dan Rasul Diutus ke Tengah-tengah Ummat.

Perlunya ALLAH mengangkat Nabi dan Rasul di tengah-tengah umat adalah untuk mengembangkan dakwah kepada hamba-hamba Nya, memberi kabar gembira kepada orang-orang yang beriman dan beramal sholeh, bahwa mereka akan mendapatkan pahala dan imbalan yang baik, serta memberi ancaman kepada orang kafir yang beramal jelek, bahwa mereka akan mendapat siksa dan tempat kembali yang buruk.
Firman ALLAH Ta`ala dalam surat Al-An`am ayat 48:
"Dan tidaklah Kami mengutus para Rasul itu melainkan untuk memberi kabar gembira dan memberi peringatan. 
Barangsiapa beriman dan mengadakan perbaikan, maka tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati."


3. Pengangkatan Nabi.

Kalau kita mengangkat suatu pimpinan pasti dengan cara pemilihan, atau memutuskan dengan suara terbanyak. Dan biasanya seseorang itu diangkat menjadi pimpinan karena kepandaiannya, keturubnannya atau karena harta kekayaan dan sebagainya.
Akan tetapi kenabian itu adalah merupakan karunia ALLAH yang dianugerahkan pada hamba yang dikehendaki-Nya yang tidak bisa diperoleh dengan kemampuan akal, tidak bisa dicapai dengan usaha dan memperbanyak ketaatan, dan tidak pula diterima sebagai warisan.
Firman ALLAH Ta`ala:
"ALLAH memilih utusan-utusan-Nya dari malaikat dan dari manusia. Sesungguhnya ALLAH Maha Mendengar lagi Maha Melihat"
(Al-Hajj:75).


4. Jumlah Para Nabi dan Rasul Yang Wajib DiImani.

Sebenarnya jumlah para Rasul dan Nabi itu banyak sekali. Namun yang wajib di imani dan yang terdapat dalam Al-Qur`an itu hanya dua puluh lima (25) Nabi. Dan jumlah ke dua puluh lima Nabi itu kami terangkan riwayatnya masing-masing dengan tidak menyimpang dari keterangan Al-Qur`an.
Firman ALLAH Ta`ala:
"Dan Kami telah mengutus Rasul-rasul yang sungguh telah Kami kisahkan tentang mereka, dan Rasul-rasul yang tidak Kami kisahkan tentang mereka kepadamu" (an-Nisa' : 164).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar