Kamis, 21 Februari 2013

Resep kue nastar

Resep kue nastar memang paling banyak dicari dan dipraktekan pada hari raya idul fitri. Pada lebaran tahun 2012 ini admin masakanmama.com pun tidak ketinggalan untuk membuat kue nastar berbagai varian. Oleh karenanya sebagai rangkuman dari resep kue yang kami praktekan pada bulan ramadhan yang lalu, kami disini memposting resep kue nastar semua varian.
Sebelum kami memposting resep kue nastar kami akan memberikan beberapa tips praktis agar kue nastar yang ada buat nanti enak, empuk, tidak keras atau terlalu lembek.
1. Saat membuat adonan kue nastar, baik itu adonan isi, kulit maupun olesan, jangan dimasukan semuanya secara bersamaan. Bahan dimasukan secara bertahap.
2. Jika menggunakan telur, kami menyarankan agar memisahkan bagian putih dan kuning telur. Saran kami gunakan hanya bagian kuning telur
3. Pada saat mencapurkan keju pada adonan ada baiknya keju diparut terlebih dahulu, supaya mempermudah tercampurnya dengan bahan yang lain
4. Utamanya pada saat membuat adonan kulit, agar dilakukan pencampuran bahan seperti gula, terigu, kuning telur, margarin, butter, susu dengan sabar dan secara bertahap. Hal ini untuk memastikan semua bahan tercampur secara sempurna sehingga memiliki tekstur yang lembut
5. Memanggang jangan terlalu lama dan panas. cukup 25 - 30 menit pada suhu 150 - 180 C.

Selain tips membuat kue nastar tadi ada baiknya anda menyimak tulisan Chef Bara Pattiradjawane tentang cara membuat kue kering agar mendapatkan hasil yang maksimal. Berikut ini tulisan nya yang saya sadur ulang :
1. Waktu Pemanggangan yang terlalu lama
Selain kue jadi lebih cepat gosong, pemanggangan kue yang terlalu lama juga akan membuat kue kering jadi terlalu keras. Ia menambahkan bahwa tingkat panas ini tergantung pada jenis dan adonan kue.
2. Komposisi tidak seimbang
Perhatikan bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kue kering. Pastikan perbandingan antara bahan-bahan tersebut tepat, terutama tepung dan lemaknya. "Perbandingan yang paling tepat antara tepung dan lemak adalah 2 : 1," jelasnya. Jika tepung terlalu banyak, maka kue akan menjadi keras, dan jika lemak terlalu banyak maka kue akan melebar dan rapuh.
3. Kurang telur
Salah satu penyebab kue menjadi keras adalah karena kurang telur. Di dalam pembuatan kue kering, telur tak hanya berguna untuk mengembangkan kue, tapi berfungsi juga sebagai pengempuk kue.



==============================
Resep kue nastar klasik
resep kue nastar klasik

Yang harus disiapkan :

Bahan untuk membuat isi:
500 gram nanas, diparut
125 gram gula pasir
1/8 sendok teh garam
2 butir cengkeh
3 cm kayumanis
1/2 sendok teh air jeruk lemon

Bahan untuk membuat kulit:
250 gram margarin
50 gram gula tepung
1 kuning telur
300 gram tepung terigu protein rendah
30 gram tepung maizena
25 gram susu bubuk
Bahan olesan (aduk rata):
2 kuning telur
1 sendok teh susu cair
1/8 sendok teh madu


Cara membuat resep kue nastar klasik:

1. Untuk membuat isi : masak nanas hingga air meresap. Tambahkan gula pasir, garam, cengkeh, dan kayumanis. Lanjutkan memasak lagi sampai kering. Tambahkan air jeruk lemon. Aduk rata. Dinginkan. Timbang masing-masing adonan 3 gram. Sisihkan.
2. Untuk membuat Kulit: kocok margarin dan gula tepung 1 menit. Tambahkan kuning telur. Kocok rata.
3. Masukkan tepung terigu, tepung maizena, dan susu bubuk sambil diayak dan diaduk rata.
4. Ambil 7 gram adonan kulit. Pipihkan. Beri isi. Bentuk bulat. Letakkan di loyang yang dioles margarin.
5. Panaskan pada Oven bersuhu 150 derajat Celsius dalam waktu 15 menit. Lumuri menggunakan bahan olesan. Panaskan kembali pada Oven bersuhu 150 derajat Celsius 15 menit atau sampai matang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar