Jumat, 05 April 2013

Sobat Kelewat Show Off

Sesekali boleh sih cerita tentang kehebatan pribadi. Tapi kalau terus-terusan, kesannya jadi pamer. Sama halnya yang terjadi sama sobat nih, karena sikapnya yang kelewat show off, kadang bikin orang lain bahkan kita sendiri jadi bete dan malas menanggapi. Gimana caranya ya menghadapi sobat seperti ini, tanpa harus menyinggungnya?
Bereaksi Berlebihan
Setiap kali melakukan sesuatu, sobat selalu bereaksi berlebihan, baik saat senang maupun sedih. Misalnya, teriak-teriak sendiri, gebrak-gebrak meja, atau lompat-lompat kegirangan. Awalnya, kita menganggap itu seperti sebuah luapan ekspresi dari sobat. Tapi, terkadang reaksi tersebut justru bikin kita terganggu, karena reaksinya yang membuat suasana menjadi lebih gaduh.

Biasanya ini dilakukan untuk menarik perhatian kita atas apa yang baru saja terjadi pada dirinya. Beri tanggapan secukupnya dan coba bicarakan baik-baik dengan sobat tentang sikapnya tersebut. Jelaskan, kalau reaksinya yang berlebihan ini, sudah kelewat mengganggu orang lain. Orang lain juga pasti akan sebal dan kurang respect sama dia. Kalau sobat belum bisa menangkap maksud kita, kita bisa bersikap lebih tegas, seperti menyuruhnya untuk diam dan mengontrol diri agar sikapnya nggak mengganggu orang lain. 

Show off ‘terselubung’ 
“Yah, nilai matematiku cuma dapat 9 nih, kamu dapat nilai berapa?”. Hmm, suka kesel nggak sih kalau sobat sudah bilang gitu. Sudah tahu nilainya lebih tinggi, tetap saja menanyakan nilai ulangan kita yang jauh di bawah dia. Ini sih namanya show off ‘terselebung’. Wajar sih, kalau dia senang karena mendapat nilai di atas rata-rata, tapi cara sobat menyampaikan kesannya jadi pamer dan merendahkan kita.

Nggak perlu kesal dulu, jawab saja seperlunya tanpa merasa minder di depannya. Kalau kita minder, ini akan membuatnya semakin besar kepala. Kalau malas menanggapi, alihkan perhatian ke teman lainnya. Ini akan membuatnya diam dan berhenti mengganggu kita. Dewianataria - Foto: © Image Source/Corbis/ClickPhotos

Tidak ada komentar:

Posting Komentar